Yok mari kita kali ini kita bahas sesuatu yang berbeda dari seputaran tetek, nenen, ASI, dan pumping. (Dadah dadah ke ketikan soal ASI yang nggantung).
Tanggal 8 Juli kemarin, kami mengadakan acara Tedak Siten untuk Baby S. Tedak Siten itu ritual / perayaan dari adat Jawa untuk menunjukkan syukur akan usia bayi yang sudah mencapai 7 bulan (menurut kalender Jawa) dan menandai bahwa di usianya ini Si Bayi sudah mulai bisa jalan. Orang juga mengenalnya dengan istilah ‘turun tanah’ atau ‘mudun lemah’. Namun yang saya akan ceritakan bukan apa itu tedak siten dan segala seluk beluknya. Silakan para mamak cari di google yaa... Saya juga berpatokan dari google kok... Hehehehe...
Yang akan saya ceritakan adalah, bagaimana saya mengatur, menyiapkan, hingga menyelenggarakan acara ini di rumah. Bisa jadi referensi juga untuk Anda yang ingin membuat acara ulang tahun anak di rumah loh... Atau mungkin untuk acara kantor, sekolah, dan lain-lain. As always, saya akan memberikan tips dan pengimplementasiannya terhadap saya sendiri.
Sebelum Anda melakukan persiapan untun acara yang Anda akan handle sendiri, coba tanyakan beberapa hal ini kepada diri Anda:
- Acara apa yang akan saya buat?
- Tema apa yang akan saya pilih?
- Warna apa saja yang akan saya gunakan?
- Bagaimana susunan acara nanti?
- Apa saja yang akan saya butuhkan saat acara nanti?
- Siapa yang bisa saya hubungi untuk membantu saya?
- Siapa saja undangan saya? Berapa orang?
- Berapa dana yang ada?
Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas dengan mencatatnya. Catat di mana saja, di notes yang ada di smartphone Anda, seperti saya mungkin? Ketika Anda menjawab pertanyaan yang ada, gunakan imajinasi Anda. Bayangkan acara impian Anda saat Anda menjawab. Ketika Anda sampai ke pertanyaan terakhir (duit), Anda akan otomatis kembali ke pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, untuk me-review ulang catatan Anda. Mari kita coba untuk menjawab:
Acara apa yang akan saya buat?
Ulang Tahun? 17 Agustusan? Outing?
Saya: Tedak Siten.
Ambil selembar kertas/ buka catatan pada smartphone Anda, lalu buat judul:
‘Tedak Siten Baby S’
Tema apa yang akan saya pilih?
Frozen? Mickey Mouse? Batik? Jawa? Royal?
Saya: selalu Winnie the Pooh (dalam rangka mendoktrin anak gadis biar suka sama Pooh juga hehehehe). Catat juga ini... supaya nanti bisa jadi patokan untuk pemilihan warna.
Warna apa saja yang akan saya gunakan?
Awalnya saya pilih pink dan kuning. Tapi karena kain yang dikasih Nendanya Baby S buat bajunya warna abu-abu, jadilah warna yand dipilih abu-abu, kuning, sama putih. Kenapa tentukan paduan warna penting? Ini buat patokan kalo beli pernik-perniknya. Biar ga tabrak lari cuy... kan dekor sendiri kita?
Bagaimana susunan acara nanti?
Saya cari di google untuk susunan acara tedak siten. Ketik ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan kita. Ada beberapa prosesi tedak siten yang saya skip untuk mempersingkat waktu. Buat susunan acara Anda dan bayangkan persiapan apa saja yang diperlukan sebagai pendukung. Misal: games saat ulang tahun perlu apa aja? Saat tedak siten, anak masuk kurungan ayam mau diberi apa aja? Catat semua yang menjadi bayangan Anda, kemudian eliminasi sesuai dengan kebutuhan dan dana. Diskusi dengan keluarga atau panitia (para saudara, pegawai, dll) akan sangat membantu.
Apa saja yang akan saya butuhkan saat acara nanti?
Percayalah ini hanya bisa Anda lakukan ketika susunan acara sudah Anda buat. Jangan lupa untuk mencatat apa saja yang diperlukan. Beri note barang yang punya, akan pinjam, dan akan beli. Ini untuk menghindari barang tertinggal.
- Dekorasi: balon, kertas, pita, gunting, lem, double tip, dll.
- Peralatan makan: piring nasi, sendok makan, piring kue, garpu kue, dll.
- Barang dalam kurungan: Quran, pensil, buku, cat air, cermin, alat musik, dll.
- Bingkisan: nasi kuning, kue, dll.
- Jajanan / dessert table: meja, taplak, kue-kue, buah, air mineral, dll.
Siapa yang bisa saya hubungi untuk membantu saya?
Orang tua? Mertua? Sepupu? Atau party planner, catering, ustadz/ustadzah di tempat tinggal? Ketua RT untuk pinjam kursi dan sound system? Hubungi jauh-jauh hari agar mereka dapat menyediakan waktu untuk bantuan dan jelaskan secara rinci apa yang perlu diperbantukan.
Siapa saja undangan saya? Berapa orang?
Catat nama-nama calon undangan Anda agar tidak ada yang terlupa dan berguna untuk penyesuaian dana acara.
Berapa dana yang ada?
Setelah Anda melakukan pencatatan seperti di atas, tulis setiap perkiraan biaya pada barang yang dibutuhkan.
- Biaya dekorasi (gunakan google untuk pencarian harga)
- Biaya makanan di tempat (hitung sesuai undangan dan budget per porsi)
- Biaya bingkisan (beli jadi per paket / buat sendiri, kalau buat sendiri, segera survey)
- Biaya persewaan / pembelian alat-alat (lem tembak, sound system, kursi, tikar, alat makan, dll)
- Biaya pembawa acara atau pemuka agama
- Biaya lain-lain (kompensasi tim huru-hara, transport, dll)
Setelah itu, Anda dapat melakukan eliminasi pada hal-hal yang ‘mungkin’ tidak terlalu essensial.
Kira-kira seperti itu yaa buibuk caranya. Inget aja: bayangin, catet, bayangin lagi, revisi-catet, bayangin lagi. Memang, lebih mudah jika Anda menyerahkan semua pada party planner atau event organizer. Tapi jika Anda dapat melakukkannya sendiri. Mengapa tidak?
See you !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar